40 Resep Cara Membuat Es Dawet Segar, Es Campur & Sop Buah Segar Dan Enak Lengkap



40 Resep Macam Macam Cara Membuat Es Dawet Segar, Es Campur & Sop Buah Segar Lengkap.. Silahkan Anda Coba Dirumah

Sore hari di musim kemarau begini, maunya minum yang seger seger sebagai penawar dahaga Apalagi Suasana Ramadhan😉
Cara yang Mudah disiapkan dan langsung dapat dinikmati.Menu Takjil kali ini .buat berbuka .
Cukup cacah mangganya tambahin gula pasir trus Selasih
trus ditambahkan Es Batu ....
heemmm...yummmiii.
Siaap Menunggu Bedug

Milky Fruit Punch
Menu ini cocok banget buat berbuka puasa. Dan cocok juga bagi anak bunda nggak suka makan buah, boleh deh coba bikin minuman satu ini. Buahnya dibentuk bola-bola dan disajikan bersama fruit punch yang saya buat dari soda dan susu. Saya menggunakan susu stroberi dan soda kemudian saya tambahkan susu kental manis bila kurang manis. Kita bisa membuat variasi rasa lain dengan menggunakan susu putih dan mengganti susu kental manis dengan sirup kesukaan buah hati anda 😊

Bahan:
·         1/2 buah semangka, bentuk bola-bola
·         1/2 buah melon, bentuk bola-bola
·         100 gram nanas atau kiwi, potong-potong
·         1/2 butir lemon, iris tipis dan potong kecil
·         100 gram stroberi, iris tipis
·         500 mL Sprite
·         500 mL susu rasa stroberi
·         4-5 sdm susu kental manis
·         Daun mint untuk hiasan

Cara Membuat:
·         Campur rata seluruh bahan ke dalam wadah kemudian dinginkan di dalam lemari es selama beberapa jam agar kuahnya meresap ke dalam buah dan sebaliknya.
·         Kemudian sajikan dingin.
·         Untuk 6-8 porsi


ES BUAH / FRUIT COCKTAIL

Bahan:
·         1 buah pepaya uk kecil
·         1/2 buah melon
·         1 buah nanas yg kecil
·         1/2 sdt kapur sirih utk pepaya
·         1/2 sdt kapur sirih utk melon

Bahan kuah:
·         2 liter air
·         1 kaleng Sprite
·         300 gr gula pasir
·         8 cm kayu manis/saya ga pake cengkeh.. klo mau pake monggooo

Cara membuatnya:
·         Ambil 1 liter air di wadah, masukkan 1/2 sdt kapur sirih, larutkan
·         Potong2 buah pepaya, sy menggunakan Melon scoop
·         Rendam potongan pepaya di dalam air di no. 1, biarkan 15 - 20 mnt sampai mengeras. Lalu cuci bersih pepaya tiriskan
·         Lakukan jg proses no. 1-3 pada buah melon
·         Rebus secukupnya air sampe mendidih, masukkan buah melon dan pepaya sebentar. Angkat, tiriskan
·         Potong2 buah nanas, sisihkan
·         Rebus air untuk kuah + kayu manis sampe mendidih
·         Masukkan gula pasir, aduk.
·         Masukkan nanas, biarkan sebentar sampai nanas matang
·         Masukkan pepaya & melon. Aduk dan masak sebentar
·         Matikan api, masukkan Sprite, aduk rata
·         Biarkan dingin
·         Masukkan ke dlm kulkas
·         Hidangkan

Es Jelly Kelapa Muda

Bahan:
·         2 bungkus nutrijel kelapa muda @ 7gr
·         2 sachet susu kental manis putih
·         800 ml air kelapa (td pake air kelapa yg buat masakan, bisa jg ganti air biasa)
·         4 sdm gula pasir

Pelengkap (sesuai selera):
·         Sirup sesuai selera
·         Selasih, rendam air hingga mekar
·         Air es
·         es batu

Cara membuat:
·         Campur dan aduk semua bahan hingga rata. Hidupkan api, masak hingga mendidih.
·         Tuang diloyang persegi, biarkan mengeras.
·         Keruk dengan bentuk sesuai selera.
·         Siap digunakan.

Penyajian:
·         Tata jelly kedalam gelas kemudian tuang sirup, tambahkan juga selasih dan air es, beri es batu, sajikan.


CENDOL PANDAN

Bahan :
Cendol
·         150 gram tepung beras
·         70 gram tepung sagu
·         50 ml air pandan (5 lembar daun pandan dihaluskan dan diberi air lalu disaring)
·         3 sdm air kapur sirih
·         500 air bersih
·         Sedikit garaml
·         Air es secukupnya
·         Es batu secukupnya

Bahan Kuah santan:
·         200 gram gula pasir (bisa diganti gula merah)
·         600 ml santan rebus/matang
·         150 ml air
·         2 lembar daun pandan
·         Sedikit garam

Cara membuat :
·         Campur tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian air lalu aduk hingga rata, sisihkan.
·         Rebus sisa air bersama dengan air kapur sirih, air pandan, dan garam hingga mendidih.
·         Masukkan larutan tepung beras dan tepung sagu ke dalam air mendidih lalu aduk cepat hingga rata dan meletup-letup, matikan api.
·         Karena saya ga punya cetakan cendol jadi pakai plastik segitiga, caranya masukkan adonan cendol yang masih panas ke dalam plastik segitiga kemudian gunting ujungnya sedikit.
·         Siapkan air es dalam wadah baskom, kemudian tekan adonan cendol agar adonan masuk ke dalam wadah yang berisi air es, lakukan hingga adonan habis kemudian tiriskan.
·         kemudian rebus air, masukan gula pasir/gula merah, daun pandan yang diikat simpul, dan sedikit garam hingga mendidih lalu saring.
·         Siapkan gelas saji, beri cendol dan tambahkan syrup gula dan santan rebus serta es batu secukupnya agar lebih nikmat.
·         Es cendol pandan siap disajikan.

ES KUWUT BALI

Bahan :
·         Dogan / Kelapa Muda
·         Melon (me : dikerok)
·         Selasih
·         Air dogan / Air Kelapa Muda
·         Simple Sirup / Air Gula
·         Air Jeruk Nipis
·         Es Batu

Cara membuat :
·         Tata bahan-bahan dalam gelas saji & siap dihidangkan. Tingkat kemanisan disesuaikan dengan selera

ES TELER

Bahan :
·         Es
·         2bh alpukat (ambil/kerok dagingnya)
·         50gr kolang kaling - 5bh nangka matang (potong2)
·         1btr kelapa muda (ambil/kerok dagingnya)
·         susu kental manis

Bahan syrup :
o   100gr gula putih
o   350ml air
o   1/2 sdr vanili cair
o   Didihkan semua bahan sampai gula larut, dinginkan

Cara membuat :
o   Susun dlm gelas / wadah kelapa muda, nangka, kolangkaling, alpukat dan es
o   Beri syrup gula dan terakhir susu kental manis
o   Es teler siap di slurpppp

ES GOYOBOD

Bahan-Bahan :
·         100 gr tepung hunkwe
·         600 ml santan encer
·         100 ml sirop gula (air : gula = 1 : 1 lalu direbus dgn daun pandan)
·         4 sendok makan pacar cina, rebus
·         Buah alpukat, keruk dagingnya
·         Daging buah kelapa muda, keruk
·         Peuyeum atauTape singkong, potong-potong kotak kecil
·         Kolang kaling ( saya gak pake )
·         Roti tawar potong kotak ( saya ga pake )
·         200 ml santan
·         100 ml susu kental manis

Cara Mengolah :
Membuat Hunkue:
·         Campur tepung hankue dengan air santan, buat adonan hankue, kemudian panaskan dengan api kecil aduk merata hingga mengental.
·         Tuang adonan hankue ke dalam cetakan dan kemudian dinginkan.
·         Jika sudah dingin potong-potong hunkue.

Penyajian Es Goyobod:
·         Tuang sirop dalam gelas saji, isikan dengan pacar cina,potongan hunkwe,tape singkong, alpukat dan kelapa muda
·         Tuangi santan dan es serut.
·         Beri susu kental manis.
·         Sajikan.

ES CINCAU HIJAU

Bahan:
·         15lembar daun cincau
·         4gelas air matang hangat kuku
·         Bahannya bisa disesuaikan lho,sesuai dengan selera masing masing mau banyak atau gak.

Langkahnya:
·         Cuci bersih daun cincau, tiriskan.
·         Taruh di wadah yg bersih dan tambahkan air hangat.
·         Biar gampang meremasnya bisa disobek kecil kecil dulu ya daun cincau nya. Remas daun cincaunya sampai mengeluarkan buih buih.
·         Kalau sudah dapat kekentalan yg diinginkan saring ke wadah bersih lalu tunggu hingga memadat.diamkan 30menit.

Kemudian potong-potong cincau hijau dan beri bahan tambahan seperti es batu, susu, selasih, jeliy dan masih banyak lagi, selamat mencoba.

ES DAWET/ES CENDOL

 Bahan dawet/cendol :
·         25 daun suji+ 5 daun pandan (blender dengan 50 ml air)
·         250 tepung beras
·         5 sdm tepung tapioka
·         Garam secukupnya
·         600ml air
·         Perendam :
·         es batu dengan 1000ml air

Cara membuat :
o   Campur semua bahan jadi satu. Tambahkan air, masak di panci dengan api kecil sambil diaduk terus, sampai mengental dan meletup-letup
o   siapkan bahan peredam di dalam baskom besar. Masukkan adonan ke dalam cetakan cendol. Yg dibawah nya ditaruh bahan perendam. Lakukan sampai adonan habis. Pastikan masuk di dalam baskom air es. Simpan di kulkas

 Bahan kuah santan :
·         1/2 butir kelapa parut
·         500 ml air
·         1 sdm tepung beras
·         2 ikat pandan
·         Garam secukupnya

Cara membuat kuah santan:
·         masak semua bahan sampai mendidih sambil terus diaduk, angkat, dinginkan

Bahan sirup gula merah :
·         400 gr gula merah
·         1 lembar daun pandan
·         Air secukupnya

Cara membuat kuah gula merah :
o   masak semua bahan sampai mendidih, sambil terus diaduk. Angkat. Dinginkan


ES TIMUN SURI SARI APEL

Bahan-bahan:
·         1 buah mentimun semi beku, potong-potong besar
·         4 buah sari apel atau 480 ml
·         4 sdt gula pasir
·         200 ml air matang

Langkah:
·         Setelah dipotong-potong besar, siapkan garpu dan wadah. Kerok daging timun suri,  supaya mudah terpisah antara daging dan kulit dinginkan dalam kulkas.
·         Masukkan air sari apel ke wadah. Kemudian tambahkan gula pasir, aduk hingga rata sampai gula larut. Tambahkan air matang, aduk rata. Simpan di kulkas agar dingin sebelum disajikan.
·         Setelah siap sajikan


ES RUJAK GOBED SIMPLE

Bahan-bahan: 
·         2 buah mangga podang mengkal, serut
·         1 buah mentimun, serut
·         1 buah nanas, serut
·         250 g gula jawa, sisir
·         1 sdt asam jawa
·         1 buah jeruk nipis, ambil airnya
·         secukupnya air

bumbu halus:
·         5 buah cabai rawit merah
·         1 sdt terasi
·         secukupnya garam dan gula pasir

Langkah:
·         Rebus air bersama bumbu yang telah halus, tambahkan juga  gula jawa dan asam jawa hingga mendidih. Test rasa. Kemudian Saring
·         Setelah itu masukkan buah-buahan dan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata. Tunggu dingin, sajikan bersama es batu.

STMJ (es Serut Timun Madu Jeruk nipis)

Bahan-bahan:
·         1 buah mentimun ukuran sedang
·         1 buah jeruk nipis
·         3 sdm madu
·         2 sendok makan gula pasir

Langkah:
·         Timun dikupas lalu di serut, campurkan madu, gula, dan perasan jeruk nipis, jangan lupa dikasih air dan es batu. Jadi deh, mudah, praktis, dan menyehatkan
·         Porsi untuk 1 gelas

ES CAMPUR 4 BAHAN

Bahan-bahan:
·         1,5 liter santan rebus
·         1/4 buah pepaya
·         100 g Cincau hitam
·         secukupnya Gula Pasir

Langkah:
·         Siapkan semua bahan potong2 cincau dan pepaya
·         Larutkan gula pasir dan santan masukan cincau dan pepaya aduk smp rata kmd masukan kulkas


ES RUMPUT LAUT SEDERHANA

Bahan-bahan:
·         4 porsi
·         500 ml air
·         4-5 sendok makan gula pasir
·         secukupnya garam
·         2 sachet SKM
·         sesuai selera kolang kaling
·         sesuai selera cincau hitam
·         sesuai selera rumput laut
·         1 buah buah alpukat

Langkah:
·         Potong dadu kolang kaling,cincau hitam,dan alpukat
·         Didihkan air, masukkan gula dan garam aduk hingga tercampur rata.dinginkan
·         Setelah air rebusan gula dingin kemudian masukan susu kental manis, aduk hingga rata.
·         kemudian masukkan kolang kaling,cincau hitam, alpukat dan rumput laut.. dan jadi deh..bisa ditambahin es Batu biar lebih seger

ES KELAPA MUDA KW SUPER
Buka puasa identik dg yg manis dan segar. Kelapa muda KW ini terbuat dari bubuk jelly sangat layak dicoba. Selain mudah membuatnya, jg kaya akan serat yg bisa membatu kelancaran pencernaan. Yg pasti bikin adem perut. Tinggal kreasikan saja dengan sirup dan bahan lain yg ada di rumah. Pokoknya jd menu wajib tiap bulan puasa

Bahan-bahan:
·         1 sachet kecil Nutrijel plain/leci
·         1 sachet SKM putih
·         1 sachet kecil Santan kental instan (65 ml santan kental)
·         1 sdm Gula pasir (sesuai selera)
·         400 ml Air

Langkah:

·         Campur rata semua bahan dalam panci. Masak sampai mendidih sambil diaduk. Tuang ke wadah, dinginkan dengan cara simpan dalam kulkas.
·         Setelah dingin, kemudian kerok dengan penyerut kelapa
·         Sajikan dg sirup dan bahan lain yg ada di rumah. Kemudian tambahkan blewah dan nata de coco, tambahkan sirup, air es dan es batu, tambahkan juga air jeruk nipis... Sueeggeerrr...


ES LECI MINT

Bahan-bahan:
·         1 kaleng air soda/ 7up/ sprite
·         1 kaleng buah leci
·         Sirup vanila/ simple sirup
·         Daun mint
·         Selasih

Langkah:
·         10 menit
·         Sobek sembarang daun mint, agar harumnya terinfuse di air soda. Kemudian tata dalam gelas,masukan daun mint, air soda, buah leci, selasih, air buah kaleng secukupnya, dan sirup vanila.
·         Kemudian beri es batu, seger deh. Bahan isi bisa diganti2 sesuai selera, bisa tambah nata de coco, aloe vera dll.
·         Dan es pun siap di sruput…segerrrr


ES KOPYOR FANTASI

Bahan-bahan
 bahan A:
·         1 bungkus agar-agar putih
·         100 gram gula pasir
·         650 ml santan kental
·         1 lembar daun pandan

Bahan B :
·         1 liter air matang dingin
·         2 bongkah es batu

bahan C :
·         sirup coco pandan (sesuai selera)
·         serut es batu
Langkah:
·         Bahan A masak dalam panci,aduk rata. Masak sampai mendidih angkat dan sisihkan sambil di aduk.
·         Bahan B letakkan dalam baskom,tuang adonan A sesendok demi sesendok di atas bongkahan es batu(pakai sendok sayur atau sendok makan). Adonan akan berubah menjadi serpihan kelapa kopyor.
·         Sajikan dalam gelas dengan es batu serut dan sirup.


ES BELEWAH

Bahan-bahan:
·         4 porsi
·         1 buah blewah/garbis
·         4 sendok sayur sirup frambozen(me:homemade)
·         secukupnya air
·         secukupnya es batu

Langkah:
·         Belah blewah,buang bijinya,kemudian serut
·         Masukkan 2 sdm blewah serut ke dalam gelas,tambahkan 1 sendok sayur sirup,tambahkan air dan es batu,siap di sajikan


ES KUWUT

Bahan :
·         kelapa muda, serut
·         buah melon, serut atau boleh dibentuk bulat
·         air kelapa
·         biji selasih
·         sirup gula (250 gula pasir + 100 ml air panas)
·         jeruk nipis

Cara :
o   dalam gelas saji masukkan kelapa muda dan melon.
o   tuang air kelapa secukupnya.
o   tambahkan sirup gula sesuai selera, sedikit perasan jeruk nipis.
o   beri biji selasi dan irisan jeruk nipis.
o   beri es batu.
o   sajikan.


ES SERUT MELON

Permisiiii Yang Hijauu Nan Maniiizzz Mau Lewaaat Puasa Begini Pengennya minum yang seger seger sebagai penawar dahaga Apalagi Kalau dingin👌Buat yg Mudah aza dan langsung bisa dinikmati... Menu Takjil kali ini simple deh .

ES SERUT MELON
·         Cukup Parut Melonnya tambahin Sirup Melon dikasih Selasih
·         trus ditambahkan Es Batu ....
·         heemmm...Segeerrr Bgtz dech pokoknya .
·         Siaap Menunggu Bedug Magrib

ES BUAH SEGAR

bahan:
·         1 bh mangga gedong potong selera
·         5 biji buah nangka potong selera
·         1/2 bh nanas potong selera
·         1 liter air masak
·         15 bh kolang kaling
·         2 bh jeruk
·         sirup manis sesuai selera secukupnya
·         masak kolang kaling dg 400cc fanta merah ... tiriskan belah dua
·         campur semua buah dg air masak, beri sirup manis sesuai selera (cocopandan, melon ataupun boudon)
·         beri es batu ...
·         susu kental manis jika suka
·         Siap untuk di sajikan


ES KETAN HITAM

Es ketan hitam bisa diganti ketan putih jika tak ada...tapi namanya ganti jg ..jd es ketan putih 😁 (becanda ya )

BAHAN :
·         100 grm ketan hitam,rendam 1 jam
·         75 ml air mendidih
·         2 lbr daun pandan,simpulkan
·         sejumput garam

BAHAN KUAH :
·         500 ml santan encer (bisa diganti dgn susu bila tak suka santan)
·         Sejumput garam
·         2 lbr daun pandan,simpulkan

BAHAN PELENGKAP :
·         100 grm nata de coco
·         Nangka matang,potong kotak2 kecil
·         Sirup yg berwarna merah (beli jadi) & es batu

CARA MEMBUATNYA :
·         Kukus ketan hitam selama 10 menit,sementara itu didihkan air,tuang ketan kukus ke dlm air mendidih,aduk hingga terserap kemudian kukus lg ketan hitam selama 30 menit,sisihkan.
·         Rebus bahan kuah hingga mendidih,saring,dinginkan,sajikan ketan hitam & pelengkap bersama dgn kuah santan.


BIJI SALAK

Bahan :
·         500 gr ubi mantang yg sudah direbus dan dihaluskan
·         200 gr sagu
·         Sejumput garam
·         Air secukupnya utk merebus biji salak

Biang :
·         1 sdm penuh sagu
·         Air setengah gelas

Kuah santan :
·         1 L santan ( kekentalan sesuai selera )
·         3 keping gula merah
·         Gula pasir secukupnya
·         Sejumput garam
·         3 lbr daun pandan sobek

Cara buat :
·         Campur ubi rebus yg sudah dihaluskan dg sagu, biang dan sejumput garam. Aduk rata sampai bisa dipulung
·         Pulung adonan bentuk silinder memanjang diatas talenan. Potong2 menggunakan pisau
·         Panaskan air di panci, rebus biji salak sampai matang tandanya mengapung. Angkat
·         Biji salak yg sudah matang langsung dicemplungkan ke dalam panci berisi kuah santan. Sajikan

Pembuatan biang :
·         dalam panci campur sagu dan air. Aduk rata. Masak sambil diaduk sampai adonan menyatu dan terlihat transparan

Kuah santan :
·         Dalam panci campur santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan gula larut. Saring. Biji salak yg sudah direbus langsung dimasukkan ke kuah santan

CENDOL

Bahan cendol:
·         -1 bgks tepung Hun Kwee
·         -1 sdm munjung tepung sagu
·         -1 sdt garam
·         -750 ml (air + air daun suji)

Bahan saus gula merah:
·         -250 gr gula merah
·         -300 ml air
·         -1 lbr daun pandan

Bahan saus santan:
·         -600 ml santan
·         -1 sdt garam
·         -2 lbr daun pandan

Cara:
·         Masak seluruh bahan saus gula merah sampai larut dan kental, kalau kurang manis bisa tambah gula pasir, saring, sisihkan
·         Masak bahan santan sampai mendidih, aduk-aduk jangan sampai pecah, sisihkan
·         Campur dalam wajan bahan cendol, aduk sampai rata, nyalakan kompor, masak sambil diaduk terus hingga kental dan warnanya bening, angkat
·         Dalam baskom siapkan air dingin, selagi panas cetak cendol di atas baskom supay langsung jatuh ke air dingin, lakukan dengan cepat karena adonan akan cepat mengeras, setelah cendol mengeras, saring
·         Sajikan dengan saus gula merah, santan dan es batu
·         Selamat mencoba

ES MARKISA SUPER SEGER

Bahan-Bahan :
·         150 ml Sirup markisa
·         700 ml Air
·         100 ml Susu Kental Manis CARNATION
·         6 buah Markisa, ambil daging buahnya
·         150 gram Leci kalengan, potong-potong
·         150 gram Nata de coco
·         Es batu secukupnya

Cara Mengolah :
·         Campur air, sirup markisa, dan Susu Kental Manis dalam mangkuk besar. Aduk rata.
·         Masukkan markisa, dan nata de coco tambahkan potongan buah leci, tambahkan juga es baru secukupnya. Kemudian aduk rata kembali.
·         Setelah siap tuang ke dalam gelas dan sajikan.

JUS ALPUKAD AREN

Bahan:
·         3 buah alpukat, ambil dagingnya (Optional: beri sedikit perasan air jeruk lemon atau nipis supaya warnanya tidak cokelat)
·         Sirup Gula aren, (gula aren rebus dengan sedikit air)

Cara Membuat:
·         Gunakan sendok untuk hancurkan alpukat. Gunakan blender kalau suka hasilnya halus. Kalau saya suka masih ada buah alpukatnya. Jadi teksturnya berbeda 😃
·         Campur dengan optional air lemon.
·         Saat penyajian, tuang sirup gula aren. Kemudian tuang jus alpukat. Terakhir di atas beri es batu atau boleh ice cream vanilla bila mau lebih spesial. Hati-hati terlalu manis yah.

ES TAPE KELAPA

Bahan:
·         250 mL air kelapa
·         Kurleb 10 sdm daging kelapa yang sudah diserut
·         3 sdm susu kental manis putih
·         150 gram tape singkong
·         Es batu secukupnya
·         Optional: susu kental manis cokelat

Cara Membuat:
·         Blender 4 sdm daging kelapa dan air kelapa, tambahkan susu kental manis putih, tambahkan juga tape dan es batu hingga halus.
·         Siapkan gelas dantambahkan di atasnya dengan susu kental manis cokelat. Tambahkan daging kelapa dan tuang es tape ke dalamnya.
·         Sajikan saat masih dingin.
·         Untuk 2 gelas besar.

BARLEY WATER

Kalau kita berkunjung ke Singapura, minuman barley water ini salah satu minuman khas disana. Sehat banget dan dingin dalam tubuh...

Bahan:
·         400 gram biji barley
·         200 gram gula batu (boleh ditambah bila kurang manis)
·         200 gram buah kundur manis
·         4 L air
·         4 lbr daun pandan

Cara Membuat:
o   Cuci bersih biji barley dan tiriskan.
o   Masukkan semua bahan dalam panci.
o   Didihkan kemudian kecilkan api dan masak selama 50 menit. Dalam keadaan tertutup.
o   Matikan dan diamkan selama kurleb 15 menit.
o   Bisa disajikan tanpa biji barley atau pub bersama barley.
o   Sajikan hangat atau dingin.
o   Untuk 2,25 L (air saja tanpa barley)


ES BLEWAH

Bahan:
·         1 buah blewah, belah dan keruk
·         1-2 butir air kelapa muda
·         Sirup cocopandan secukupnya atau sirup gula
·         6 buah jeruk peras, ambil airnya
·         Sirup gula (Sirup gula dibuat dengan cara mencairkan gula pasir dan air. Komposisinya 1:1. Misal gula 100 gram maka air 100 mL)
·         Optional: jeruk nipis
·         Es batu secukupnya

Cara Membuat:
·         Campur air kelapa dengan daging blewah,
·         Saya buat dua versi. Pertama dengan sirup gula dan air jeruk peras . yang kedua dengan menggunakan sirup cocopandan.
·         Untuk versi pertama, campur air blewah dengan air jeruk peras dan sirup gula.
·         Untuk versi kedua, tuang sirup cocopandan terlebih dahulu. Kemudian Isi dengan air dan daging buah blewah. Beri es batu secukupnya.
·         Sajikan.


ENDOL KETAN HITAM

BAHAN CENDOL :
·         50 grm tepung hunkwe
·         50 grm tepyng sagu tani
·         50 grm tepung ketan hitam
·         550 ml air
·         1/2 sdt garam atau sesuai selera
·         1/2 sdm air kapur sirih
·         Sejumput vanilla

CARA MEMBUATNYA :
·         Campur semua bahan cendol jadi satu lalu masak hingga mendidih,angkat & saring di cetakan cendol,tekan2 lalu tampung dgn air es & es batu,angkat,sisihkan.

BAHAN GULA :
·         250 grm gula merah,sisir halus
·         300 ml air
·         5 lbr daun pandan

CARA MEMBUATNYA :
·         Semua bahan gula ini dimasak hingga mendidih & gula larut,setelah itu saring,sisihkan

BAHAN SANTAN :
·         (bisa diganti susu UHT jika tak suka santan)
·         750 ml santan dari 1 butir kelapa
·         Sejumput garam
·         2 lembar daun pandan
·         10 mata nangka,potong dadu (boleh skip jika tak suka nangka)

CARA MEMBUATNYA :
·         Masak air santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih,setelah mendidih tuangkan nangkanya,aduk sebentar,lalu angkat.

CARA PENYAJIAN :
·         Masukan cendol dlm gelas saji lalu beri air gula & santan,sajikan dingin.


JUS SEMANGKA JERUK NIPIS

·         Blender daging buah semangka dengan simple sirup (air gula ) sampai benar-benar halus,
·         tuangkan digelas yg berisi es batu terakhir tambahkan sdkit air jeruk nipis,
·         icipi rasany sesuaikan selera aja

ES CINCAU GULA MERAH

Bahan
·         -cincau hitam -gula merah
·         -gula pasir
·         -vanili
·         -air
·         -es batu

Caranya
·         Cuci bersih cincau,kmdian potong kotak2,sisihkan
·         Rebus air,gula merah,gula putih sampai gula larut dan mendidih,matikan kompor
·         Tunggu uapnya hilang masukkan vanili,diamkan sampai dingin
·         Susun dlm gelas saji,es batu,cincau dan air gula,es cincau hitam siap d nikmati.

GREEN TEA LATTE
·         1sdt bubuk green tea
·         100 ml air hangat
·         Susu kental manis secukupnya
·         Es batu secukupnya ( saya sampai gelas penuh )
·         Susu fresh
Cara:
·         Larutkan green tea powder dengan air hangat
·         aduk rata sampai tidak ada gerinjil , lalu masuk susu kental manis, aduk rata,
·         beri es batu sampe gelas penuh, lalu tuang susu cair fresh plain ( tanpa rasa ). Nikmaaaatttt dan segar.

ES GODER RUMPUT LAUT

Bahan
·         -100 gr rumput laut kering
·         -2500 cc air kelapa
·         -5 sdm gula pasir/sesuai slera

Cara membuat
·         Cuci rumput laut hingga bersih dan airnya sampai bening,bilas berulang-ulang
·         Rebus dengan air kelapa tambahkan gula pasir sampai mendidih, kemudian angkat
·         Sajikan dengan kuah santan gula merah+es batu
·         Kemudian sajikan

Bahan kuah
·         -gula merah
·         -gula putih
·         -air
·         -santan
·         -vanili

Caranya:
·         Rebus air dn gula sampai gula larut,masukkan santan smpai mendidih,matikan api,tunggu uapnya hilang masukan vanili

ES TIMUN SURI COCO PANDAN

BAHAN:
·         1 buah timun suri, kupas, serut
·         300ml air matang
·         2 sdm gula pasir
·         1 sdm biji chia (rendam di air sampai mekar)
·         2 sdm sirup marjan cocopandan
·         Secukupnya es batu

CARA MEMBUAT:
·         Siapkan mangkok isi dengan air dan gula pasir, aduk sampai gula larut.
·         Siapkan gelas saji, kemudian isi dengan timun serut beri air gula 1/2 gelas lalu beri biji chia, dan sirup marjan cocopandan aduk hingga rata.
·         Kemudian beri es batu dan beri juga daun mint sebagai garnish.

JUICE QUENI CERIA

Bahan :
·         1Liter air + 6 buah Quini (diblender halus)
·         200ml Syrup Lechi
·         100ml simple Syrup
·         10 buah strawberry dipotong kecil-kecil
·         20 biji kolang Kaling (saya pake yang ukurannya kecil)
·         cincau / Lengkong - 25gr selasih
Cara membuat:
o   campurkan semua bahan tadi.. beri es batu secukupnya..
o   siap dihidangkan.. Hasil: kurang lebih 1 ceret sedang.. jadi bisa dibagikan menjadi beberapa gelas.. kalo mau yang lebih encer silahkan ditambahkan air lagi dan gula.. Selamat mencoba.. Tapi tungguin bedug dulu ya

ES CINCAU NANGKA

Bahan isian:
·         500 gr cincau,potong2
·         250 gr nangka, potong2

Kuah santan:
·         2 lembar daun pandan
·         700 ml santan agak kental
·         1,5 sdm maizena
·         Sejumput garam
Kuah gula merah:
·         250 Gr gula merah/sy gula aren
·         2 sdm gula pasir
·         200 ml air
·         1 lembar daun pandan
Bahan tambahan:
·         Es batu secukupnya
·         Susu kental manis/SKM putih

Cara membuatnya:
·         Rebus santan, garam & pandan sampai mendidih. Beri 1 sendok sayur santan panas ke maizena, aduk rata, masukkan kembali ke santan . Aduk, angkat, dinginkan
·         Rebus gula, daun pandan & air sampai larut, dinginkan
·         Tata cincau & nangka di gelas. Beri es batu, santan, cairan gula & skm, sajikan.

ES KACANG MERAH

Bahan :
·         250 gr kacang merah
·         4 cm kayu manis
·         1 lembar daun pandan
·         2 sdm gula pasir
·         Secukupnya air untuk merebus kacang
·         Biji selasih (bisa skip)
·         Tape (bisa skip)
·         100 gr gula merah
·         100 gr gula pasir
·         700 ml air
·         Susu kental manis coklat secukupnya (sy skm putih)
·        
       Es serut

Cara membuat :
o   es blewah rendam kacang merah hingga mengembang. Cuci. Tiriskan
o   lalu rebus kacang merah dengan kayu manis, hingga lunak. Angkat. Sisihkan
o   rebus air bersama daun pandan, gula pasir dan gula merah. Aduk rata hingga mendidih dan gula larut
o   Masukkan kacang merah, masak hingga kacang benar2 empuk.
o   di dalam wadah mangkok tuang kacang merah dan kuahnya. Beri potongan tape, biji selasih. Tuang es serut, susu kental manis dan sirop.

ES BELEWAH:

·         Ikutan bikin yuuk. Seger, legit, yummy
·         Pasti semua udah bisa bikin es yg gampil ini tapi suegeerr ngeettss
·         Es blewah ini bahannya, hanya blewah, dibuang isinya lalu diserut kasar, biji selasih, es batu yang diserut dan sirop. Semua ukurannya kira2 aja ya.
·         Selamat menanti buka puasa

KIWI JERUK PUNCH SODA

Bahan :
·         3 buah kiwi
·         1 kaleng jeruk Mandarin
·         1 kaleng soda
·         Sirup melon sesuai selera
·         Es batu secukupnya

Caranya :
o   kupas buah kiwi, potong sesuai selera
o   tuang sirup di gelas saji secukupnya, Masukkan soda aduk rata
o   Masukkan buah kiwi dan jeruk Mandarin. Tambahkan es batu. Siap disajikan


ES PUDING JELLY
·         Menu yang harus ada buat pasti pengen Yg seger dan manis. Nyeees di tenggorokan 😊 ini cuma sirop rasa melon yg dicampur dg jelly dan puding aja.
·         Kalo lagi buru2 bikin nya yg simple dan menyegarkan.
·         Met nunggu bedug Maghrib ya sahabat

ES CINCAU STRAWBERRY MILKSHAKE

Bahan :
·         250 gr cincau (serut)
·         500 ml susu UHT
·         100 gr buah strawberry
·         4 scoop es batu (halus)
·         2 scoop es cream strawberry

Cara membuat :
o   Blender susu strawberry dan Es batu.
o   Setelah tercampur rata masukan 2 scoop es cream, Lalu blender kembali sampai semuanya tercampur rata.
o   Tuang dalam gelas dan beri cincau. Masukkan ke dalam lemari es
o   siap disajikan buat ikhtar.
o   Semoga bermanfaat😊

ES TEH CINCAU
Kalau kamu bosen sama es yang pakai buah, kali ini kita bagi-bagi Resep Ramadan berbahan dasar cincau loh!
Yuk kita bikin bareng-bareng "Es Teh Cincau" nikmatnya..

Bahan-bahan:
o   Teh hitam 2 kantong
o   Air panas 500 gram
o   Susu kental manis putih 100 mili liter
o   Cincau hitam 250 gram (potong dadu)
o   Es batu secukupnya
o   Selasih 10 gram (rendam, tiriskan)

Cara mengolah:
·         Seduh teh dengan air panas sampai kental, dinginkan.
·         Selanjutnya tuang air teh kental ke dalam gelas-gelas saji, tambahkan susu kental manis, aduk rata.
·         Setelah itu tambahkan potongan cincau tadi, selasih serta es batu.
·         Sajikan es cincau teh susu ini dengan bahan pelengkap seperti potongan buah storberi, daun pandan dan kayu manis stick bila suka.

Hmm.. Mudah kan cara membuatnya? Gak perlu antri beli lagi di mall, langsung nikmati sore ini pas buka puasa ya  .

ES LEMON JAHE MINT SEGAR
·         Tidak suka makan buah atau bosen sama es buah, coba minum ini untuk bekal berbuka puasa.

Bahan
·         5 buah teh kantong
·         3 rimpang jahe, memarkan
·         8 lembar daun mint,
·         1/2 cangkir madu
·         1 buah jeruk lemon,
·         Air Gula,
·         secukupnya Es batu 7 gelas air

Cara Membuat :
o   Masak air di dalam panci dengan api ukuran kecil. Lalu tambahkan jahe dan kemudian masak hingga mendidih.
o   Jika air sudah mendidih, matikan kompor dan angkat, setelah itu tambahkan daun mint dan teh di dalamnya. Aduk rata hingga tercium aroma mint
o   Saring air ini ke dalam sebuah wadah. Tambahkan madu, gula dan air lemon. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
o   Siapkan gelas saji yang telah diberi es batu. Lalu masukkan teh tadi.
o   Es lemon jahe mint siap dinikmati.

ES MUTIARA

BAHAN:
·         100 gr biji mutiara (rebus sampai matang)
·         10 biji nangka (potong kotak kecil)
·         300ml air
·         Syrup cocopandan (sesuai selera)
·         Susu kental manis (sesuai selera)
·         Es batu

Cara buatnya gampang banget tinggal masukkan semua bahan, dan jadi deh. Mudahkan…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Aneka Resep Cara Membuat Kue Kering Khas Lebaran Idul Fitri

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Empuk Dan Lembut